Kamis, 06 Agustus 2009

Menjebol kartu kredit lewat facebook

0 komentar
Menjebol kartu kredit lewat facebook

BERITA penyebaran virus koobface yang menyebar lewat situs jejaring sosial Facebook, memang sempat memicu keresahan para pemilik kartu kredit di Indonesia. Dalam berbagai blog dan milik komunitas pemilik kartu kredit, bahasan tentang ‘hantu virus Koobface’ menjadi topik ‘hot issue’ lantaran mereka khawatir kartu kreditnya bakal dikuras oleh pembobol.

Dalam hal ini kartu kredit erat kaitannya dengan data pribadi yang terdapat pada email facebook friendster dan lainnya lagi. Seperti diketahui, pengelola situs Facebook sendiri pekan lalu mengakui tingginya potensi ancaman pembobolan kartu kredit lewat situs jejaring sosial. Koobface, nama virus yang menyebar lewat Facebook, memanfaatkan fitur messaging di Facebook untuk menginfeksi komputer (PC), lalu mencoba mencuri informasi penting seperti nomor kartu kredit.

Pesan tersebut, yang salah satu subyeknya berbunyi “You look just awesome in this new movie“, jika diklik nantinya akan menggiring user ke sebuah situs di mana user akan diminta untuk men-download sebuah software jahat yang menyamar sebagai update Flash Player.Jika software itu didownload, komputer akan terinfeksi virus. Parahnya lagi, komputer yang sudah terinfeksi itu bisa menginfeksi situs-situs lain ketika menggunakan mesin pencari Google, Yahoo, MSN dan Live.com.

Dan apabila data pribadi anda dapat di ambil oleh para pembobol maka bersiap-siaplah untuk menuju neraka dunia dimana semua yang berhubungan dengan anda akan terdeteksi secara langsung.Bila komputer anda telah terkena ataupun terinfeksi virus yang di buat oleh para pembobol seperti yang telah di uraikan di atas cepat-dan bergegaslah untuk back up data penting anda dan rubah semua akun yang di gunakan oleh anda unruk keperluan seperti email kartu kredit dan sbagainya bila tidak cepat mengambil tindakan itu maka bersiaplah untuk tersiksa oleh kesalahan anda sendiri.

Berhati-hatilah bagi anda yang memanfaatkan situs jaringan sosial seperti facebook.Jangan menulis data pribadi anda yang di anggap penting oleh anda pada form facebook.Kurangi kecerobohan contohnya menulis no hp atau sesuatu yang penting karena virus yang di gunakan oleh para pembobol seperti yang di uraikan di atas sangat rentan sekali mengakses data dengan cepat.




Comments

0 comments to "Menjebol kartu kredit lewat facebook"

Posting Komentar